Kamis, 10 April 2014

MAKALAH PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA KEHIDUPAN MASYARAKAT BERBANGSA DAN BERNEGARA

BAB I


Pancasila sebagai dasar Negara bangsa Indonesia hingga sekarang telah mengalami perjalanan waktu yang tidak sebentar, dalam rentang waktu tersebut banyak hal atau peristiwa yang terjadi menemani perjalanan Pancasila, sehingga berdirilah pancasila seperti sekarang ini di depan semua bangsa Indonesia.
Berdasarkan  kenyataan  tersebut  diatas  gerakan  reformasi  berupaya untuk  mengembalikan  kedudukan  dan  fungsi  pancasila  yaitu  sebgai  dasar negara  republik  Indonesia,  yang  hal  ini  direalisasikan  melalui  Ketetapan sidang  istimewa  MPR  tahun  1998  No.XVIII/MPR/1998  disertai  dengan pencabutan P-4 dan sekaligus juga pencabutan pancasila sebagai satu-satunya asas bagi orsospol di Indonesia.
Maka, setelah banyak aspek memperbincangkan pancasila sebagai dasar Negara. Sekarang pancasila pun dijadikan bahan perbincangan sebagai prilaku yang digunakan di dalam kampus. Dimana di dalam kampus tersebut akan terdidik dengan kepemimpinan pancasilan. Baik dalam prilaku bergaul juga dalam proses belajar mengajar di dalamnya. Serta molekul-molekul yang menjadi bagiannya.

Berdasarkan uraian diatas maka makalah ini secara khusus membahas permasalahan sebagai berikut:
1.      Apa yang disebut pancasila sebagai paradigma?
2.      Bagaimana cara mewujudkan pancasila sebagai paradigma dalam pembangunan?
3.      Bagaimana cara mewujudkan pancasila sebagai paradigma reformasi?
4.      Bagaimana cara mengaktualisasikan pancasila tersebut di perguruan tinggi atau kampus?

Setelah penulis mencoba memahami akan latar belakang serta rumusan masalah diatas, maka tujuan ke penulisan ini adalah:
1.      Mengetahui apa yang dimaksud dengan pancasila sebagai dasar negara
2.      Memahami makna dari pancasila dalam prilaku sehari-hari
3.      Serta mengenali betul peran dan cara mengaktualisasikan pancasila sendiri dalam kehidupan, terutama dalam lingkungan kampus.

Setelah penulis mencoba memahami makna dari pancasila sebagai dasar negara, maka penulis pun tersadar akan pentingnya nilai pancasila tersebut untuk diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama dalam lingkungan kampus yang memang kebetulan terdiri dari berbagai adat serta agama.
Karena dasar pemikiran tersebutlah, maka sangat lanyak dan pantas makna peran pancasila kembali ditulis guna untuk kembali dibaca sebagai salah satu bahan penyadaran diri setiap individu agar kembali mengintrospeksi dirinya untuk berprilaku sesuai dengan makna pancasila.
Dimana dengan berjiwa pancasila tersebut, akan terangkai kehidupan yang matang, selaras dan akan jauh dari permasalahan yang didasarkan karena perbedaan adat, suku bahkan agama tersendiri. Maka dari itu, penulis menganggap sangat perlu menulis makalah ini.
Selengkapnya http://downloads.ziddu.com/download/23678039/paradigma.docx.html

Tidak ada komentar: